Seharian Diguyur Hujan, 2 Kecamatan di Agam Dilanda Banjir dan Longsor

Antara ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 13:59 WIB
Seharian Diguyur Hujan, 2 Kecamatan di Agam Dilanda Banjir dan Longsor
Ilustrasi banjir (Antara)

AGAM, iNews.id - Dua kecamatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) dilanda banjir dan tanah longsor. Hal ini disebabkan curah hujan tinggi yang terjadi Rabu (22/7/2020) hingga Kamis (23/7/2020).

"Banjir terjadi di Kecamatan Tanjungmutiara dan tanah longsor di Kecamatan Lubukbasung," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Muhammad Lutfi Ar di Lubukbasung, Kamis (23/7/2020).

Lutfi menambahkan, banjir merendam belasan rumah di Pasia Paneh dan Gasan Kecamatan Tanjungmutiara dengan ketinggian sekitar 30cm.

Air mulai naik ke rumah warga sekitar pukul 05.00 WIB. Beruntung, pemilik rumah langsung menyelamatkan perabotan ke daerah lebih aman.

"Warga sedang menyelamatkan perabotan mereka ke daerah yang lebih aman sembari membersihkan rumah mereka," katanya.

Sementara itu, di Jorong Cacang Randah, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjungmutiara juga terjadi jembatan putus. Jembatan itu menghubungkan Jorong Cacang Randah menuju Kubu Anau.

"Jembatan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua menggunakan bantalan besi jembatan," kata dia.

Untuk tanah longsor, terjadi di Simaruok, Kecamatan Lubukbasung tiga titik dengan panjang sekitar 10 meter dan tinggi satu meter. Akibatnya, jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

"Untuk membersihkan material longsor, BPBD Agam mengerahkan anggota Satgas untuk membersihkan material dengan warga sekitar," kata Lutfi.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto