Seleksi Paskibraka, Wali Kota Padang: Ini Momen Tanamkan Nilai Bela Negara

hermawan H ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 15:16 WIB
Seleksi Paskibraka, Wali Kota Padang: Ini Momen Tanamkan Nilai Bela Negara
Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah saat kegiatan seleksi calon paskibraka ( Foto : Rizal Pilano Humas Padang)

PADANG, iNews.id – Sebanyak 220 orang calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mulai diseleksi. Dalam seleksi ini mengikuti standar protokol kesehatan pada transisi pola kehidupan yang baru dari pandemi Covid-19.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pelaksanaan seleksi paskibraka merupakan salah satu upaya pembinaan generasi bangsa. Dengan seleksi ini mereka mendapatkan pembekalan cinta tanah air dan semangat bela negara.

“Membangun bangsa ini perlu kekuatan fisik dan mental. Pelaksanaan seleksi paskibraka dan lomba tata upacara bendera ini, bisa menjadi bekal bagi generasi muda untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air dan bela negara,” kata Mahyeldi di Kantor Dinas Pemuda Olah Raga, Rabu (24/6/2020).

Mahyeldi menjelaskan di masa pandemi Covid-19, kegiatan pembinaan generasi muda diakui sangat minim. Momen seleksi ini bisa menjadi peluang penanaman nilai– nilai bela negara dan cinta tanah air.

“Ini momennya kita menanamkan semangat cinta tanah air dan bela negara. Selama pandemi ini minim kegiatan seperti sekarang,” ujarnya.

Selain itu Mahyeldi juga mengapresiasi inisiasi dari Dispora Kota Padang menanam pohon cengkeh di lingkungan kantornya. Penanaman pohon ini merupakan bentuk penghijauan dan pemanfaatan lahan kosong agar menjadi produktif.

“Penanaman pohon ini perlu digencarkan dan semoga nanti instansi lain dapat mengikutinya,”  katanya

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Padang Mursalim mengatakan, pelaksanaan seleksi dimulai hari Rabu (24/6/2020) hingga (27/6/2020) nanti.

“Peserta seleksi kali ini ada 220 orang, berasal dari siswa tingkat SLTA se Kota Padang yang masih duduk di kelas XI," katanya.

Mursalim menjelaskan, peserta laki-laki sebanyak 116 orang, sedangkan peserta perempuan 104 orang. Partisipasi sekolah yang ikut sebanyak 30 sekolah dengan rincian SMA Negeri sebanyak 18 sekolah, SMK Negeri 4 sekolah, dan SMK swasta 4 sekolah.

"Dalam empat hari ini diharapkan seleksi ini dapat selesai," kata Mursalim.


Editor : Tomi Wahyudi