Penerimaan Siswa Baru, Disdik Kota Padang Terapkan Sistem Zonasi Kelurahan

Antara ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 09:54 WIB
Penerimaan Siswa Baru, Disdik Kota Padang Terapkan Sistem Zonasi Kelurahan
Ilustrasi new normal di sekolah. (Foto: Antara-Syaiful Arif)

PADANG, iNews.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menerapkan sistem zonasi berbasis kelurahan. Ini dilakukan saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi mengatakan, penerapan zonasi berbasis kelurahan tersebut merupakan syarat PPDB tidak sepenuhnya berdasarkan jarak tempat tinggal calon siswa baru dengan sekolah.

"Selain itu kami juga menerapkan sistem irisan. Misalnya keluharan A tidak memiliki SMP dan berdekatan dengan kelurahan B yang memiliki SMP. Maka kelurahan A dan B akan digabungkan menjadi satu zona," kata Habibul, Selasa (23/6/2020).

Habibul menambahkan, hal itu karena terdapat beberapa kelurahan di Kota Padang yang masih belum memiliki SMP. Sehingga untuk mengatasi persoalan tersebut pihaknya menerapkan sistem zonasi berbasis kelurahan dan irisan.

“Sistem zonasi berbasis kelurahan tersebut baru diterapkan pada PPDB tahun ini. Karena PPDB sebelumnya masih menggunakan sistem zonasi berdasarkan jarak tempat tinggal calon siswa baru dengan sekolah yang akan dituju,” kata dia.

Kemudian, lanjut Habibul, dengan adanya penerapan sistem zonasi tersebut saat PPDB dapat menghilangkan pemikiran tentang sekolah unggulan. Karena, menurutnya, semuanya sekolah tersebut sama-sama unggul.

"Sampai saat ini registrasi ulang PPDB secara daring untuk tingkat SMP masih berlangsung sampai 26 Juni 2020, perhatikan bagi calon siswa yang bermasalah dengan datanya," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk pendaftaran secara daring akan dilakukan secara serentak pada 30 Juni sampai 2 Juli mendatang.

"Pengumuman penerimaannya akan diumumkan pada 3 Juli dan pendaftaran ulangnya sampai 4 Juli mendatang," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto