Seluruh Penjara di Sumbar Kelebihan Kapasitas hingga 100 Persen

Antara · Selasa, 21 September 2021 - 19:35:00 WIB
Seluruh Penjara di Sumbar Kelebihan Kapasitas hingga 100 Persen
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Muaro Padang, Sumatera Barat (Antara)

PADANG, iNews.id - Seluruh penjara di wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kelebihan kapasitas. Kelebihan tahanan atau narapidana  di provinsi ini mencapai 100 persen.

"Penghuni saat ini sebanyak 6.271 orang, sementara kapasitas tampung hanya 3.271 orang," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar, R Andika Dwi Prasetya, Selasa (21/9/2021).

Andika menambahkan, jumlah tersebut merupakan total dari 23 Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di bawah naungan Kanwil Kemenkumham Sumbar, mulai dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan), dan cabang Rutan.

"Dengan kondisi tersebut, kami terus berupaya mengantisipasi segala dampak negatif yang muncul di tengah kondisi over kapasitas," katanya.

Dia menlanjutkan, pemindahan warga binaan tidak bisa dijadikan sebagai solusi karena kelebihan kapasitas juga terjadi di lapas serta rutan lain.

"Kami terus berupaya mengantisipasi berbagai dampak negatif dengan meningkatkan kewaspadaan, pengendalian, serta keamanan di lingkungan lapas atau rutan," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumbar di Google News

Bagikan Artikel: