Siap-Siap Terapkan New Normal, Sebagian Daerah Sumbar Masih Perpanjang PSBB

hermawan H ยท Sabtu, 30 Mei 2020 - 09:55 WIB
Siap-Siap Terapkan New Normal, Sebagian Daerah Sumbar Masih Perpanjang PSBB
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit ( Foto: Diskominfo Sumbar)

PADANG, iNews.id - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sebagian wilayah Sumatera Barat (Sumbar) diperpanjang hingga 7 Juni mendatang. Namun ada beberapa daerah yang sudah siap menerapkan kebijakan New Normal.

Rapat kepala daerah telah menyetujui perpanjangan PSBB tahap III, kecuali Kota Bukittinggi. Sejumlah daerah yang ingin menerapkan New Normal, sementara ini belum disetujui lantaran dianggap tak memenuhi persyaratan.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, walaupun telah resmi diperpanjang, Sumbar mesti siap memasuki New Normal. Pemberlakuannya dimulai setelah PSSB tahap III ini berakhir. Jika memungkinkan dan disetujui, tanggal (8/6/2020), seluruh kabupaten/kota akan menerapkan kebijakan tersebut.

"Untuk itu, kita mulai lakukan sosialisasi ke masyarakat dan pelaku usaha, agar mereka melaksanakan protokol kesehatan sebagai syarat utama New Normal,” kata Nasrul Abit di salah satu pusat perbelanjaan di Padang, Jumat (29/5/2020).

Mengenai kesiapan daerah memasuki new normal, Nasrul menjelaskan, Kota Bukittinggi dapat menjadi percontohan nantinya. Daerah tersebut telah merancang aturan-aturan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Setiap pengunjung wajib menggunakan masker dan menerapkan physical distancing. Nantinya kita juga melakukan evaluasi, mudah-mudahan Bukittinggi sukses memasuki New Normal," ujar dia.


Editor : Tomi Wahyudi