Siswi SD Rela Jual 3 Kambing Peliharaan untuk Bantu Korban Kebakaran Madrasah di Agam

Wahyu Sikumbang ยท Rabu, 30 September 2020 - 13:20:00 WIB
Siswi SD Rela Jual 3 Kambing Peliharaan untuk Bantu Korban Kebakaran Madrasah di Agam
Samara (11), menangis saat menceritakan kebakaran yang terjadi di Gedung Asrama Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Kapau di Kabupaten Agam, Selasa (29/9/2020). (Foto: iNews/Wahyu Sikumbang)

AGAM, iNews.id – Aksi gadis cilik, pelajar kelas 5 Sekolah Dasar (SD) di Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) ini sangat inspiratif dan patut ditiru. Anak bernama Samara ini rela menjual tiga ekor kambing kesayangannya agar dapat membantu para korban kebakaran Gedung Asrama Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Kapau di Kabupaten Agam, pada Kamis (24/9/2020) lalu.

Saat ditemui iNews.id, Samara (11), pelajar SD Mahad Tahfidzul Quran-Ibnu Katsir Bukittingi ini masih meneteskan air mata, Selasa (29/9/2020). Dia sedih mendengar berita gedung asrama MTI Kapau di Jorong Pandam Basasak, Nagari Kapau, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, itu terbakar hebat.

Putri pasangan Fahrul dan Dita, warga Jorong Jambak, Nagari Sianok Anam Suku, Kecamatan Ampek Koto, Kabupaten Agam, ini tersentuh hatinya untuk membantu korban kebakaran. Niat Samara untuk membantu disampaikan pada kedua orang tuanya.

Samara (11), menunjukkan tiga kambing peliharaannya yang akan dijual dan hasilnya disumbangkan untuk membantu korban kebakaran Gedung Asrama Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Kapau di Kabupaten Agam, Selasa (29/9/2020). (Foto: iNews/Wahyu Sikumbang)
Samara (11), menunjukkan tiga kambing peliharaannya yang akan dijual dan hasilnya disumbangkan untuk membantu korban kebakaran Gedung Asrama Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Kapau di Kabupaten Agam, Selasa (29/9/2020). (Foto: iNews/Wahyu Sikumbang)

Samara meminta agar tiga ekor kambing peliharaan kesayangannya, masing-masing seekor kambing betina bernama Desi, dan dua ekor kambing jantan bernama Joni dan Bambang, dijual. Hasil penjualan akan disedekahkan kepada korban kebakaran.

Meskipun sedih karena harus melepas tiga kambing kesayangannya, Samara juga merasa senang. Sebab, dia dapat bersedekah dengan cara menyumbang pada yang membutuhkan. “Kambingnya dijual karena mau bantu abang-abang di MTI yang kebakaran,” kata Samara, Selasa (29/9/2020).

Mendengar niat Samara, ayah dan ibunya pun terharu. Keduanya setuju dengan permintaan Samara. Dita mengatakan, ketiga ekor kambing tersebut memang milik Samara yang dipelihara sejak kambing masih kecil. Samara bahkan kerap menggembalakan kambing bersama ayahnya.

“Dia awalnya lihat status Kak Billy, lihat berita Asrama Putra MTI terbakar. Kami langsung berembuk bertiga. Kata Samara, kambing kalau dijual dengan manusia harganya cuma segini, bagaimana kalau kita jual-beli dengan Allah? Ya kami langsung setuju,” kata Dita, ibu Samara.

Ketulusan niat Samara untuk dapat menyumbang korban kebakaran pun menggugah hati banyak warga. Hanya dalam hitungan menit setelah niat Samara menjual kambing diposting di media sosial oleh Komunitas Sedekah Seribu Sehari (S-3) Bukittinggi-Agam, pada Selasa (29/9/2020), postingan itu viral di media sosial. Tak lama, ditemukan dermawan yang mau membeli kambing Samara dengan harga Rp5 juta untuk ketiga ekor kambing.

Koodinator S3 Bukittinggi-Agam, Siti Rahmah Yanti, mengatakan, awalnya mereka mendapat informasi ada seorang anak yang mau menjual kambingnya. Mereka kemudian membantu mencari pembeli. Akhirnya, mereka menekukan dermawan yang membeli kambing Samara.


Editor : Maria Christina