Tempat Ibadah di Kota Padang Panjang Sumatera Barat

Chairun Nisa ยท Sabtu, 06 November 2021 - 13:00:00 WIB
Tempat Ibadah di Kota Padang Panjang Sumatera Barat
Masjid Jihadu Wa Lidaina (Foto: iNews.id)

PADANG PANJANG, iNews.id - Daftar 4 tempat ibadah di Kota Padang Panjang Sumatera Barat ini menjadi rujukan jika melancong ke Kota Serambi Mekah ini. Meski berjuluk Kota Serambi Mekah dan penduduknya sangat memegang tradisi Islam, Padang Panjang memiliki keberagaman dan toleransi yang tinggi.

Tentu saja di Padang Panjang ada banyak fasilitas ibadah termasuk selain Islam seperti gereja.

Berikut 4 tempat ibadah di Kota Padang Panjang Sumatera Barat:

1. Masjid Raya Jihad Padang Panjang

(Foto: HMS Indostream)
(Foto: HMS Indostream)

Salah satu masjid paling besar di Padang Panjang ini berdiri di Jalan Arif Rahman Hakim, Balai-Balai, Kecamatan Padang Panjang Barat. Masjid ini cukup unik karena berada dalam kompleks pendidikan seperti TK Islam Jihad, SD Islam Jihad, dan SMP Islam Jihad, di samping taman pendidikan Al Qur'an (TPA). Bahkan bangunan SD berada di lantai paling atas masjid. 

Masjid Raja Jihad juga menjadi pilar dan pencetus diadakannya program subuh di Sumatera Barat. Masjid ini dibangun pada 1922 dan bisa menampung ribuan jemaah. 

Saat bulan Ramadan, masjid ini ramai dengan berbagai aktivitas termasuk buka puasa gratis.
 
2. Masjid Jihadu Wa Lidaina 

(Foto: Facebook/Padang Panjang)
(Foto: Facebook/Padang Panjang)

Masjid besar lainnya di Kota Padang Panjang Sumatera Barat adalah Jihadu Wa Lidaina. Bangunannya memiliki keunikan yakni bagian interiornya dengan langit-langit menawan.

Lokasinya juga strategis yakni di Jalan Ahmad Yani, Bukit Surungan, Ekor Lubuk, Padang Panjang Barat, dekat dengan Pengadilan Negeri Padang Panjang, rumah sakit, dan beberapa fasilitas umum. 
Selain itu area parkir di sini cukup luas untuk menampung mobil dan motor. Meskipun tidak seluas Masjid Raya Jihad, Jihadu Wa Lidaina sangat nyaman.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: