Tempuh Medan Ekstrem, Wagub Sumbar Serap Aspirasi Masyarakat Daerah Terpencil

hermawan H ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 22:32:00 WIB
Tempuh Medan Ekstrem, Wagub Sumbar Serap Aspirasi Masyarakat Daerah Terpencil
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama tenaga pengajar di SMA 1 Mapat Tunggul Selatan (Foto : Diskominfo Sumbar)

PASAMAN, iNews.id -  Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengunjungi sejumlah lokasi di Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman hingga daerah terpencil Nagari Muaro Kecamatan Mapat Tunggul Selatan. Jalanan terjal tidak menyurutkan niatnya untuk menyerap aspirasi masyarakat daerah terpencil.

Pada pertemuan dengan masyarakat Nagari Silayang maupun dengan tenaga pengajar di SMA 1 Mapat Tunggul Selatan, Wagub Nasrul Abit mengatakan kedatangannya beserta rombongan bertujuan untuk melihat langsung pembangunan di daerah itu.

“Saya ingin melihat infrastruktur, apa yang sudah dikerjakan. Ternyata jalan sudah diaspal tapi masih sebagian-sebagian,” kata Nasrul Abit di Mapat Tunggul Selatan, Jumat (3/7/2020).

Nasrul Abit menjelaskan, esensi pembangunan yang sebenarnya bukan hanya di wilayah perkotaan, melainkan juga daerah-daerah terpencil. Dia mengakui pembangunan fisik akan menunjang perekonomian masyarakat. Namun, terdapat tiga fondasi penting yang tidak boleh diabaikan.

“Termasuk sumber dayanya. Pendidikan, kesehatan, ekonomi, tiga ini adalah indeks pembangunan manusia, ini yang dibangun bukan hanya fisik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA 1 Mapat Tunggul Selatan, Mardanis Darasan menyampaikan harapannya kepada Pemprov Sumbar, agar masyarakat daerahnya dapat terus melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi.

“Kami berharap perhatian dan bantuan Pemprov Sumbar agar anak-anak di sini bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi,” katanya.

Sebelumnya rombongan Wagub Sumbar melakukan peninjauan pada kelompok usaha bersama Minyak Atsiri di Jorong II Nagari Taruang-Taruang Utara Kecamatan Rao, sekaligus beberapa ruas jalan di Kabupaten Pasaman.


Editor : Tomi Wahyudi