Tradisi Merantau Orang Minang, Konsep dan Tujuannya

Tati Rukmanah ยท Jumat, 16 September 2022 - 18:02:00 WIB
Tradisi Merantau Orang Minang,  Konsep dan Tujuannya
Tradisi merantau orang Minang (Ilustrasi Minangkabau/Antara)

JAKARTA, iNews.id - Tradisi merantau orang Minang umumnya dilakukan untuk mengadu nasib. Adu nasib ini dilakukan dari semula dapat dikatakan kurang baik menjadi lebih baik. 

Orang Minang tidak akan lepas dari kata merantau, pasalnya mereka yang tinggal di Minang pasti akan merantau satu saat nanti, terlebih para lelaki akan pergi meninggalkan kampung halamannya untuk mengadu nasib dan mencari ilmu demi memperbaiki kehidupannya agar menjadi lebih baik lagi. 

Dalam masyarakat Minang, merantau sendiri timbul karena adanya sistem matrilineal. Sistem yang membuat para lelaki hanya mendapatkan sedikit bagian ataupun tidak sama sekali mendapatkan harta warisan dari keluarganya. 

Ingin tahu lebih lanjut tradisi merantau orang Minang? Berikut penjelasannya: 

Konsep Merantaunya Orang Minang 

Konsep merantaunya masyarakat Minang bukan karena didasari oleh faktor ekonomi yang rendah, melainkan untuk konsep diri serta pelestarian budaya. 

Dengan cara merantau, masyarakat Minang dianggap melestarikan budaya dan bisa mendapatkan pengalaman serta nilai-nilai kehidupan yang belum pernah mereka dapatkan di daerah asal. 

Saat mereka sudah kembali ke tempat kelahiran mereka, maka mereka merasa sudah merasa siap secara mental dan sikap untuk hidup bersama masyarakat. 

Tujuan Merantau Orang Minang 

Ternyata masyarakat Minang yang merantau tidak selalu karena faktor ekonomi, melainkan faktor tradisi dan budaya. Budaya merantau bagi masyarakat Minang ini sudah ada sejak lama sebagai bentuk pemekaran wilayah ke wilayah lain. 

Merantau juga dijadikan salah satu motivasi bagi masyarakat Minang supaya dapat beradaptasi dan bisa mengikuti perkembangan zaman yang sudah semakin modern.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: