Tradisi Merantau Orang Minang, Konsep dan Tujuannya

Tati Rukmanah ยท Jumat, 16 September 2022 - 18:02:00 WIB
Tradisi Merantau Orang Minang,  Konsep dan Tujuannya
Tradisi merantau orang Minang (Ilustrasi Minangkabau/Antara)

Alasan Orang Minang Merantau 

Bagi masyarakat Minang, merantau adalah sebuah keharusan. Terlebih laki-laki, para laki-laki akan dipandang lebih dewasa apabila merantau. 

Jika terdapat laki-laki muda yang belum menikah dan ia tidak pergi merantau ke wilayah lain, akan dianggap sebagai laki-laki penakut dan tidak mandiri. Dikatakan penakut karena mereka tidak berani mencoba kehidupan baru di luar Minang, dan dikatakan tidak mandiri karena mereka masih bergantung kepada orang tuanya bahkan sanak saudara yang berada di Minang. 

Di kehidupan masyarakat Minangkabau, pihak laki-laki akan merasa malu dan merasa menjadi beban keluarga apabila mereka tidak bekerja.

Selain itu, sebagian besar masyarakat Minang berprofesi sebagai petani, maka dari itu kebanyakan laki-laki memilih pergi merantau ke wilayah lain supaya tidak terus bergantung pada orang tua mereka dan bisa mendapatkan pekerjaan yang layak di wilayah rantau tersebut. 

Itu dia penjelasan singkat tentang tradisi merantau bagi orang Minang. Pada dasarnya, tujuan dari merantaunya orang Minang berbeda dengan daerah lain yang kebanyakan karena faktor ekonomi. Orang Minang merantau karena memang itu sudah menjadi tradisi di dalam kehidupan mereka. 

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Follow Berita iNewsSumbar di Google News

Bagikan Artikel: