Cerita Hanifa, Bocah 8 Tahun di Solok Pecahkan Celengan untuk Beli Hewan Kurban

Antara ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 11:21:00 WIB
Cerita Hanifa, Bocah 8 Tahun di Solok Pecahkan Celengan untuk Beli Hewan Kurban
Hanifa, bocah 8 tahun di solok yang pecah celengan untuk beli hewan kurban (Antara)

SOLOK, iNews.id - Seorang bocah perempuan berusia 8 tahun asal Solok, Sumatera Barat (Sumbar) rela memecahkan celangannya untuk membeli hewan kurban saat Idul Adha 1442 Hijriah. Bocah bernama Hanifa Insani itu sudah menabung selama tiga tahun.

Hanifa merupakan warga Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumbar.

Siswi kelas tiga di Madrasah Ibtidaiah Negeri (MIN) 4 Solok itu sudah menabung untuk beli hewan kurban sejak tiga yang lalu tepatnya sejak Hani masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak (TK).

Hani rajin menabung dalam celengan yang dibelikan oleh orang tuanya. Setiap hari, dia selalu menyisihkan uang jajannya Rp1.000 hingga Rp5.000.

Sedikit demi sedikit uang tabungan Hani terus bertambah. Bahkan, tabungannya meningkat drastis pada saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Hani menerima THR dari paman dan tantenya nya langsung ditabung dalam celengan.

Orang tua Hani, Roza Linda (38) mengatakan, uang tabungan Hani juga diperoleh dari hasil mengupas bawang (maurek bawang) selama mengisi waktu libur sekolahnya.

Mengupas bawang ini merupakan salah satu proses pembersihan bawang dengan cara memotong akar dan daun bawang yang sudah kering. Kemudian bawang yang sudah dibersihkan itu akan diupah Rp1.500 per kilogramnya oleh sang pemilik bawang.

"Biasanya Hani mampu membersihkan bawang hingga 15 kilogram per hari atau Rp22.000 hingga Rp25.000 per harinya, lalu uang itu ditabungnya dalam celengan," kata Linda, Kamis (22/7/2021).

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3