Manfaatkan Sungai, Wali Kota Padang Tebar 20.000 Bibit Ikan Garing di Lubuak Begalung

hermawan H ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 21:15 WIB
Manfaatkan Sungai, Wali Kota Padang Tebar 20.000 Bibit Ikan Garing di Lubuak Begalung
Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah tebar bibit ikan garing di sungai (Foto : David Septian Humas Padang)

PADANG, iNews.id - Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menebarkan sebanyak 20.000 ekor bibit ikan garing di bandar ikan larangan Kompleks Pagambiran Ampalu, Kecamatan Lubuak Begalung. Pelepasan bibit ikan tersebut dinilai akan memiliki banyak manfaat, terutama dapat menjadi objek wisata baru.

Mahyeldi mengatakan, bibit ikan itu merupakan bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP). Pelepasan bibit ikan tersebut merupakan bagian dari program Pemerintah Kota (Pemkot) Padang untuk memanfaatkan sungai-sungai yang ada di Kota Padang.

"Apalagi saat ini beberapa titik sungai juga di kembangkan  menjadi cek dam seperti yang ada di Koto Pulai, Kuranji dan lainnya," kata Mahyeldi Ansharullah di Pagambiran, Kamis (25/6/2020).

Mahyeldi menyambut baik program DKP tersebut yang kali ini dilakukan di Kelurahan Pagambiran Ampalu. Banyak manfaat didapat dengan menebarkan bibit ikan garing. Di samping menjadi lokasi pembudidayaan ikan garing, lokasi itu juga bisa menjadi objek wisata baru bagi masyarakat setempat.

"Ini tentu bisa juga membantu ketersediaan kebutuhan ikan garing di Kota Padang sehingga ikut meningkatkan perekonomian kita," katanya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang tersebut menjelaskan, pihaknya melalui DKP akan terus melakukan pembudidayaan ikan garing di beberapa titik sungai di Kota Padang. Saat ini, terdapat lebih kurang 117 titik sungai di Kota Padang.

"Kita berharap Kota Padang bisa menjadi daerah penghasil ikan garing terbesar nantinya. Karena setiap pekannya juga akan ada para pembeli ikan garing," ucapnya.

Mahyeldi menuturkan, dengan pemanfaatan sungai-sungai melalui masyarakat setempat yang juga didukung Komunitas Peduli Sungai (KPS), lurah dan camat setempat, maka tentu sungai menjadi terawat dan termanfaatkan secara baik.

"Saya rasa kegiatan budidaya ikan garing ini bisa menjadi objek wisata yang juga dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat. Jadi ini sangat positif dan patut ditiru menurut hemat saya," ujarnya.

Penebaran bibit ikan garing tersebut juga diikuti Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Guswardi, Camat Lubeg Wilman Muchtar, serta ketua RW/RT dan tokoh masyarakat setempat.


Editor : Tomi Wahyudi