Nekat Melanggar PSBB, Siap-Siap Tak Dapat SKCK hingga Perpanjangan SIM

Antara ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 12:04 WIB
Nekat Melanggar PSBB, Siap-Siap Tak Dapat SKCK hingga Perpanjangan SIM
ilustrasi PSBB (Istimewa)

PADANG, iNews.id - Polresta Padang, Sumatera Barat (Sumbar) tak segan-segan memberikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sanksi itu untuk memberikan efek jera kepada masayarakat.

“Kami akan memberikan sanksi tegas bagi warga yang masih membandel dan tidak mengindahkan ketentuan PSBB,” kata Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan, Rabu (13/5/2020).

Yulmar menambahkan, beberapa sanksi tersebut berupa pemblokiran pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

“Atau tidak bisa melakukan pengurusan perpanjangan SIM selama 6 bulan ke depan, dan lainnya,” kata dia.

Yulmar menambahkan, sanksi pidana juga bisa diberikan kepada pelanggar PSBB yang sudah pernah diamankan. Mereka yang sudah pernah diamankan akan menandatangani surat pernyataan serta diambil data dan foto diri.

"Mereka juga menandatangani surat pernyataan, jika kembali melakukannya akan ditindak tegas bisa berujung ke pidana," katanya.

Sebelumnya, Polresta Padang menggelar patroli berskala besar untuk mendukung penerapan PSBB. Petugas menyisir lokasi-lokasi yang ditengarai masih dijadikan warga untuk berkumpul-kumpul dan melanggar ketentuan PSBB.

Patroli berskala besar yang dilakukan Polresta Padang itu telah berlangsung selama empat hari sejak ditetapkannya PSBB Jilid II. Hingga saat ini total ada 95 warga yang terjaring dalam patroli.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto