Pemkab Solok Gelar Pool Tes Swab, 1.685 Kepala Keluarga Diperiksa

Antara ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 13:51 WIB
Pemkab Solok Gelar Pool Tes Swab, 1.685 Kepala Keluarga Diperiksa
Tes swab Covid-19. (Foto: ilustrasi/Ant)

SOLOK, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar pool tes Covid-19. Pool tes ini dilakukan dengan sampel satu orang per Kepala Keluarga (KK).

"Jumlah tes usap terjadi peningkatan yang signifikan. karena adanya program pool tes, yakni pemeriksaan kelompok, di mana sampel individu digabung menjadi satu kelompok atau pool," kata Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam di Arosuka, Jumat (10/7/2020).

Syofiar menambahkan, unit sampling adalah satu orang per KK per rumah dengan jumlah keseluruhan sampel Kabupaten Solok sebanyak 1.684 orang yang dibagi menjadi 30 klaster.

"Satu klaster terdiri dari 54 sampai 56 sampel," kata dia.

Syofiar melanjutkan, pool tes bertujuan untuk mengidentifikasi insiden Covid-19 di Kabupaten Solok dan mengetahui individu yang terinfeksi positif Corona sebagai dasar melakukan tracing.

Kegiatan ini, kata dia, dilaksanakan dari 6 hingga 15 Juli 2020 di seluruh Nagari di Kabupaten Solok. Jumlah sampel dan kluster ditentukan oleh Kepala Labor FK Universitas Andalas Padang, Andani.

Sedangkan untuk warga Kabupaten Solok yang positif Covid-19 sebanyak sembilan orang, yang meninggal sebanyak tiga orang dan sembuh sebanyak enam orang. Hingga saat ini, pihaknya telah melakukan tes cepat pada 71 orang dan tes usap pada 1.046 orang.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto