Pemkab Solok Selatan Salurkan BLT untuk 17.141 KK Terdampak Covid-19

Antara · Rabu, 03 Juni 2020 - 09:35 WIB
Pemkab Solok Selatan Salurkan BLT untuk 17.141 KK Terdampak Covid-19
Ilustrasi BLT (Istimewa)

PADANGARO, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 17.141 Kepala Keluarga (KK). BLT itu bersumber dari dana APBD kabupaten senilai Rp32 miliar.

Pelaksana tugas Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengatakan, BLT disalurkan selama tujuh hari secara bergantian ke seluruh nagari. Penyaluran itu mulai Selasa (2/6/2020) hingga Rabu (10/6/2020) dan bekerja sama dengan Bank Nagari.

"Penerima manfaat diimbau memanfaatkan bantuan untuk pembelian kebutuhan pokok dan jangan membelanjakannya untuk kebutuhan lain yang tidak penting dan tidak mendesak," kata Abdul Rahman, Rabu (3/6/2020).

Abdul berharap masyarakat memiliki skala prioritas dalam penggunaan berbagai dana bantuan tersebut terutama saat keadaan sulit akibat pandemi Covid-19 sehingga harus pintar dalam menggunakannya.

Dalam penyaluran bantuan ini, kata dia, pemerintah daerah sudah menyurati wali nagari dan pelaksana penyaluran di lapangan supaya menggunakan standar protokol pencegahan Covid-19.

“Bagi masyarakat yang terdata ganda nagari berhak untuk menahan dan meminta pihak bank agar tidak mencairkan bantuan tersebut. Nagari juga diminta untuk menempel seluruh data penerima bantuan di kantor wali nagari serta berbagai tempat strategis lainnya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Zulkarnaini mengatakan, dari semua skema bantuan yang disalurkan, sebanyak 84 persen masyarakat akan mendapatkan BLT.

Jumlah penerima meningkat dari perkiraan sebelumnya yang hanya 77 persen karena adanya kenaikan alokasi anggaran BLT dari Dana Desa/Nagari.

"Total penerima bantuan sebanyak 41.749 KK atau lebih kurang 84 persen dari jumlah total KK di Solok Selatan," ujarnya.

Untuk jumlah KK di Solok Selatan per Desember 2019 tercatat sebanyak 49.689 KK.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto