Terapkan New Normal, Pemkot Padang Pastikan Protokol Kesehatan Tak Kendor

Antara ยท Senin, 22 Juni 2020 - 17:52 WIB
Terapkan New Normal, Pemkot Padang Pastikan Protokol Kesehatan Tak Kendor
Ilustrasi New Normal (Antara)

PADANG, iNews.id - Pemerintah Kota Padang memastikan protokol kesehatan tetap berlaku di masa normal baru. Hal ini mengacu pada Perwako Nomor 49 Tahun 2020 tentang Pola Hidup Baru Dalam Masa Pandemi Covid-19.

"Walaupun sudah memasuki era normal baru, protokol kesehatan tetap berlaku dan bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi mulai dari teguran hingga denda oleh organisasi perangkat daerah terkait," kata Kabag Hukum Pemkot Padang Yopi Krislova di Padang, Senin (22/6/2020).

Yopi menambahkan, kendati saat ini tren kasus Covi-19 di Padang mulai menurun, bukan berarti masyarakat bisa mengabaikan protokol kesehatan.

"Tetap harus menjaga jarak, memakai masker dan Pemkot Padang terus menyosialisasikan Perwako Nomor 49 Tahun 2020," kata dia.

Untuk pola hidup baru di fasilitas umum seperti pasar, restoran, supermarket, kata dia, dikondisikan menjaga jarak, jumlah pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas bangunan, dan bagi yang melanggar diberikan sanksi teguran tertulis hingga denda paling banyak Rp2,5 juta.

Selanjutnya, kata dia, pola hidup baru di lokasi wisata memastikan jumlah pengunjung tidak melebihi 50 persen dari kapasitas, melakukan pemeriksaan suhu tubuh.

“Wwajib memakai masker dan bagi yang melanggar diberikan sanksi teguran tertulis hingga denda paling banyak Rp2,5 juta,” kata dia.

Berikutnya pola hidup baru di hotel pengelola memastikan semua petugas negatif Covid-19 dibuktikan dengan tes usap atau tes cepat serta melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung.

Yopi melanjutkan, selama pandemi Covid-19 setiap orang wajib mematuhi dan melaksanakan pola hidup baru.

“Untuk mendukung efektivitas pelaksanaan perangkat RT dan RW diminta ikut memantau pendatang di lingkungannya dan melaporkan jika ada warga yang suhunya di atas 37 derajat Celcius,” kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto