Petugas BKSDA Pasang Kamera Trap Usai Harimau Serang Kerbau Warga Agam

Wahyu Sikumbang ยท Senin, 29 Juni 2020 - 06:49 WIB
Petugas BKSDA Pasang Kamera Trap Usai Harimau Serang Kerbau Warga Agam
Harimau Sumatera yang masuk perangkap yang dibuat oleh Balai Konservasi Sumberdaya Alam BKSDA di Solok, Sumbar (Budi Sunandar/iNews)

AGAM, iNews.id - Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Agam, Sumatera Barat (Sumbar) memasang kamera trap. Kamera ini dipasang untuk memantau aktivitas harimau yang sempat menyerang dua ekor kerbau milik warga.

"Kami lakukan monitoring dengan menggunakan kamera trap tiga unit," kata Kepala Resor Konservasi Wilayah BKSDA Agam, Ade Putra, Senin (29/6/2020).

Ade menambahkan, kamera itu digunakan untuk memantau jika ada harimau yang kembali datang. Jika terpantau datang, maka petugas akan melakukan pengusiran.

"Nanti akan melakukan pengusiran dan penggiringan satwa dengan bunyi-bunyian agar satwa tersebut kembali ke habitatnya," kata dia.

Lebih lanjut Ade mengatakan, dari hasil penelusuran memang ditemukan jejak kaki harimau di sekitar lokasi. Harimau itu dilaporkan menyerang dua ekor kerbau milik warga Tiho Koto, Jorong Sungai Pua, Palembayan, Aga. Selain jejak kaki, ditemukan luka cakaran atau gigitan pada bagian kaki belakang, leher kerbau.

"Kami menemukan tanda-tanda keberadaan satwa berupa jejak dan dapat kita pastikan itu adalah jejak satwa jenis harimau sumatera berusia dewasa, satwa ini dilaporkan sudah menyerang ternak warga dua ekor kerbau dimana satu dewasa dan satu anak kerbau," kata dia.

Dia mendunga, harimau ini sedang memburu babi yang keluar dari hutan sehingga menemukan kerbau ternak milik warga.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto