Punya Stok 10.300 Ton Beras, Bulog Sumbar Siap Salurkan Bansos

Antara ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 14:17 WIB
Punya Stok 10.300 Ton Beras, Bulog Sumbar Siap Salurkan Bansos
Ilustrasi beras (iNews)

PADANG, iNews.id - Badan Urusan Logistik (Bulog) wilayah Sumatera Barat (Sumbar) siap menyalurkan bantuan sosial (bansos) beras. Hal ini dilakukan jika Bulog mendapatkan penugasan dari pusat.

"Kita siap. Stok beras di beberapa gudang Bulog di Sumbar saat ini 10.300 ton. Itu mencukupi untuk penyaluran bulan Juli, Agustus dan September," kata Kepala Bulog Wilayah Sumbar, Tommy Despalingga, Rabu (24/6/2020).

Tommy menambahkan, kesiapan itu mengacu pada data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) saat Bulog masih ditugaskan menyalurkan beras untuk masyarakat miskin atau Bantuan Pangan Non Tunai.

"Kita belum tahu data mana yang digunakan. Tapi jika merujuk data raskin sebelumnya, jumlah KPM di Sumbar sekitar 162.900 keluarga," katanya.

Berdasarkan jumlah itu, lanjut Tommy, maka kebutuhan untuk satu bulan jika masing-masing KPM dibantu 15 kilogram adalah sekitar 2.444 ton per bulan. Dengan stok sebanyak 10.300 ton, Bulog Sumbar bisa menyalurkan untuk tiga bulan.

"Kalau datanya berbeda, ada kenaikan jumlah KPM, Bulog masih bisa mengantisipasi setidaknya untuk satu bulan. Kebutuhan bulan berikutnya akan diminta tambahan pasokan dari pusat,” kata Tommy..

Sebelumnya Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyatakan mendapatkan penugasan secara lisan dari Presiden Joko Widodo untuk kembali menyalurkan bantuan sosial beras kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Setiap KPM direncanakan mendapatkan bantuan sebanyak 15 kilogram beras per bulan untuk tiga bulan.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto