Bantu Belajar Online, Pemkot Payakumbuh Akan Berikan Internet Gratis

Antara ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 17:30:00 WIB
Bantu Belajar Online, Pemkot Payakumbuh Akan Berikan Internet Gratis
Pelajar harus lewat hutan dan naik bukit untuk dapat sinyal internet (Yuddy Faifman/iNews)

PAYAKUMBUH, iNews.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) akan memberikan layanan internet gratis di seluruh kelurahan di Payakumbuh. Hal ini untuk membantu proses belajar para siswa secara online.

Kepala Diskominfo Kota Payakumbuh Jhon Kenedy mengatakan, salah satu keluhan dari masyarakat saat ini untuk pembelajaran daring adalah tingginya pengeluaran karena membeli paket data untuk seluler.

"Kami sangat mengerti, masih ada beberapa keluarga yang memang kesulitan untuk membeli paket data ini. Karena itu kami menargetkan dalam waktu dekat ini, masyarakat dapat memanfaatkan internet gratis di setiap kelurahan," kata Jhon, Rabu (29/7/2020).

Jhon menambahkan, saat ini seluruh kelurahan di Payakumbuh sudah memiliki jaringan internet, namun kecepatannya hanya mencukupi untuk menunjang kinerja dari kelurahan. Sehingga aksesnya belum dapat diberikan untuk masyarakat umum.

"Kalau aksesnya diberikan kepada masyarakat umum, tentu akan mengganggu aktivitas instansi itu sendiri," kata dia.

Untuk dapat menambah kecepatan internet di seluruh kelurahan ini, kata dia, pihaknya akan menambah Bandwidth serta menambah acces point atau perangkat nirkabel.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto