Padang Butuh 4.500 Kantong Darah per Bulan, Wali Kota Ajak ASN dan Warga Jadi Pendonor

hermawan H ยท Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:52 WIB
Padang Butuh 4.500 Kantong Darah per Bulan, Wali Kota Ajak ASN dan Warga Jadi Pendonor
Dinas Perdagangan Kota Padang gelar donor darah (Foto : Humas Padang).

PADANG, iNews.id - Kebutuhan darah di Kota Padang mencapai 4.500 kantong per bulan dan terus meningkat. Untuk mencukupinya, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang mengajak seluruh masyarakat mengikuti donor darah.

"Kebutuhan darah dari hari ke hari terus meningkat. Pada tahun 2020 ini, kebutuhan darah dalam satu hari mencapai 150 kantong. Satu bulan Kota Padang butuh darah 4.500 kantong," kata Mahyeldi saat meninjau kegiatan donor darah yang digelar Dinas Perdagangan Kota Padang di Balaikota Lama, Jalan M Yamin, Rabu (5/8/2020).

Untuk itu, Mahyeldi juga mengajak karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), personel TNI, Polri, ikut menjadi pendoronor. Begitu juga Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Padang, dan masyarakat Kota Padang diajak untuk untuk bersedia mendonorkan darah.

"Tentu dalam hal ini diharapkan bekerja sama dengan PMI Kota Padang," kata Mahyeldi.

Mahyeldi menjelaskan, PMI Kota Padang siap mengirimkan mobil yang akan mendatangi kantor-kantor untuk pelaksanan kegiatan donor darah. PMI juga punya fasilitas yang sangat memadai untuk mengoptimalkan kegiatan donor darah.

"Kebutuhan darah di Kota Padang terus meningkat. Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini," katanya.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Andree Algamar menjelaskan, donor darah itu digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-351 Kota Padang dan HUT ke-75 RI. Kegiatan donor darah itu diikuti 453 ASN Dinas Perdagangan, Dinas Kebakaran, dan para pedagang pasar.

"Donor darah dilaksanakan bersama PMI untuk memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat yang akan membutuhkan," katanya.


Editor : Tomi Wahyudi