Kuliner Khas Sumatera Barat

Reza Rizki Saputra · Selasa, 02 Agustus 2022 - 15:15:00 WIB
Kuliner Khas Sumatera Barat
Rendang, kuliner khas Sumbar (Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kuliner khas Sumatera Barat memang selalu menggugah selera dan membuat lidah bergoyang. Bagaimana tidak, campuran bumbu dan rempah membuat makanan khas minang itu menjadi istimewa.

Berkunjung ke Sumatera Barat sangat disayangkan apabila tidak menjelajah wisata kulinernya yang unik dan beragam. Kuliner Sumatera Barat memang memiliki bumbu yang khas serta berbeda dari daerah lainnya.

Penasaran, berikut ini kuliner khas Sumatera Barat yang wajib kalian coba:

1. Rendang

Pembuatan daging rendang (Ilustrasi pembuatan daging rendang/Antara)
Pembuatan daging rendang (Ilustrasi pembuatan daging rendang/Antara)

Siapa yang tak tahu rendang? Siapapun pasti mengenal olahan kuliner yang satu ini. Makanan ini dibuat dari olahan daging sapi dan aneka rempah.

Rendang pernah menduduki peringkat pertama dalam World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN International. Dia bertengger di peringkat pertama dari tahun 2011 hingga 2019. 

Salah satu hal yang harus kalian ketahui ternyata aneka bumbu dan rempah yang digunakan untuk mengolah rendang merupakan bumbu yang mengandung antiseptik. 

Meski saat ini rendang sangat mudah dijumpai di berbagai daerah, penghasil rendang yang sangat legendaris dan terkenal kualitasnya tetap ada di Minangkabau, yakni daerah Payakumbuh.

Terdapat berbagai jenis Rendang seperti Rendang Dagiang, Rendang Baluik, Randang Lokan, Rendang Rabu, dan Rendang Talua.

2. Sate Padang

(Foto: Instagram IG@3lestari)
(Foto: Instagram IG@3lestari)

Sajian kuliner khas olahan daging di Sumatera Barat lainnya yaitu sate padang. Kebanyakan orang pasti kesulitan dalam membedakan sate padang karena bentuknya berbeda-beda.

Tapi, Anda tak perlu bingung, karena sate padang memang hadir dalam tiga jenis, yakni Sate Padang, Sate Padang Panjang, dan Sate Pariaman. 

Selain berbeda daerah asalnya, ketiga sate tersebut juga hadir dalam sajian bumbu kacang yang berbeda. Sate padang menggunakan bumbu kacang yang kental dan bentuknya menyerupai bubur.

Sate pariaman memiliki kuah yang berwarna merah. Sedangkan, sate padang panjang biasanya disajikan dengan bumbu sate yang berwarna kuning.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: