Kuliner Khas Sumatera Barat

Reza Rizki Saputra ยท Selasa, 02 Agustus 2022 - 15:15:00 WIB
Kuliner Khas Sumatera Barat
Rendang, kuliner khas Sumbar (Istimewa)

13. Dadih

Dadih, Kuliner Khas Sumatera Barat (Antara)
Dadih, Kuliner Khas Sumatera Barat (Antara)

Dadih atau dadiah merupakan olahan yogurt tradisional khas Minangkabau yang terbuat dari susu kerbau. Kuliner khas Sumatera Barat ini difermentasi dalam wadah yang terbuat dari bambu dan ditutup dengan daun pisang atau daun waru yang telah dilayukan di atas api.

Proses fermentasi dilakukan dalam suhu ruangan dan berlangsung hingga terjadi penggumpalan kurang lebih dua sampai tiga hari.

Dadih biasanya dikonsumsi sebagai sarapan pagi, dicampur dengan emping (sejenis kerupuk dari nasi) dan gula merah. Dadih dapat juga dijadikan sebagai lauk pendamping nasi.

14. Teh Talua

Teh Talua (Okezone)
Teh Talua (Okezone)

Teh Talua merupakan minuman khas Sumatera Barat yang berhasil mendapat penghargaan. Teh Talua dalam bahasa Indonesia berarti teh telur. Minuman ini pernah meraih juara tiga dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017 dalam kategori 'Minuman Tradisional Terpopuler'.

Bukan tanpa sebab, cita rasa dan khasiatnya jadi alasan teh talua digemari banyak orang, terutama kaum lelaki. Campuran dalam teh talua yang biasanya terdiri dari teh hitam, gula, telur, dan sedikit perasan jeruk nipis sangat cocok untuk menambah stamina.

15. Es Durian

Es Duren, Kuliner Khas Sumatera Barat (Okezone)
Es Duren, Kuliner Khas Sumatera Barat (Okezone)

Sumatera Barat juga dikenal sebagai penghasil buah durian. Buah yang besar dan kulitnya runcing ini ditemukan di Pesisir Selatan, Pariaman, Kabupaten Agam, Payakumbuh, dan Sijunjung.

Selain dimakan langsung, kalian dapat menikmatinya sebagai es durian yang dicampur susu dan gula ketika liburan di Kota Padang. 

Jika kalian sedang berwisata ke Sumatera Barat, terdapat tempat yang menyajikan es durian terkenal yaitu "Ganti Nan Lamo" yang berada di kawasan Pulau Karam. Daerah ini tidak jauh dari Jembatan Siti Nurbaya Kota Padang.

Itu dia pembahasan mengenai sajian kuliner khas Sumatera Barat yang dapat kalian coba ketika berwisata ke Sumatera Barat. Selamat bereksplorasi!

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Follow Berita iNewsSumbar di Google News

Bagikan Artikel: