Kuliner Khas Sumatera Barat

Reza Rizki Saputra ยท Selasa, 02 Agustus 2022 - 15:15:00 WIB
Kuliner Khas Sumatera Barat
Rendang, kuliner khas Sumbar (Istimewa)

6. Gulai Itiak Lado Mudo

Gulai Itiak Lado Mudo (Okezone/foodspotting)
Gulai Itiak Lado Mudo (Okezone/foodspotting)

Sajian kuliner khas Sumatera Barat berikutnya adalah sejenis gulai. Bedanya, gulai ini diolah tanpa menggunakan santan atau yang biasa disebut dengan gulai itiak lado mudo.

Masakan satu ini merupakan gulai yang terbuat dari daging bebek muda, kemudian diberi tambahan cacahan cabai hijau.

Karena menggunakan daging bebek muda, kalian akan merasakan tekstur daging yang lebih empuk dan gurih. Rasa sensasi pedas gurihnya pasti susah dilupakan, deh. Sangat cocok untuk kalian pecinta gulai masakan Padang dan ingin mencoba yang lain.

7. Gulai Banak

Gulai Banak (Istimewa)
Gulai Banak (Istimewa)

Gulai banak dalam bahasa Minangkabau berarti gulai otak. Makanan khas Sumatera Barat ini memiliki bahan utama berupa otak sapi yang telah dipotong-potong. Otak sapi ini dimasak dalam bumbu gulai. Pada beberapa resep, gulai ini diberi irisan daun mangkok yang banyak sehingga memiliki cita rasa yang khas.

8. Ikan Asam Padeh

Ikan Asam Padeh (Okezone)
Ikan Asam Padeh (Okezone)

Jika kalian berwisata kuliner ke Sumatera Barat, belum lengkap jika tak mencoba ikan asam padeh. Menu yang satu ini biasa juga dikenal dengan nama ikan asam pedas dalam Bahasa Indonesia. Masakan dengan rasa asam dan pedas ini siap memberikan sensasi segar pada lidah dan perut kalian.

Tak terbatas pada satu jenis ikan saja, menu ikan asam padeh bisa menggunakan berbagai jenis ikan, mulai dari ikan tongkol, kakap, cumi, gurame, hingga ikan kembung. Jika kalian tertarik mencicipinya, kalian bisa langsung meluncur ke daerah Solok, Padang Panjang, atau Pariaman untuk merasakan kelezatan ikan asam padeh yang otentik.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: