Kuliner Khas Sumatera Barat

Reza Rizki Saputra ยท Selasa, 02 Agustus 2022 - 15:15:00 WIB
Kuliner Khas Sumatera Barat
Rendang, kuliner khas Sumbar (Istimewa)

3. Soto Padang

Soto Padang (Istimewa)
Soto Padang (Istimewa)

Tak hanya sate Padang, soto Padang juga menjadi salah satu makanan khas Sumatera Barat yang harus kalian coba. Sajian yang satu ini juga cukup populer di Indonesia dan banyak ditemukan di luar kawasan Sumatera Barat.

Soto Padang ini merupakan soto kaldu sapi yang dihidangkan dengan irisan daging sapi yang telah digoreng kering, perkedel kentang serta bihun. Kuah kaldu sapi pada soto ini terasa lebih kuat karena diberi berbagai macam rempah, seperti cengkeh, daun jeruk, bunga lawing hingga kapulaga.

Sebagai pelengkapnya, masakan khas Sumatera Barat ini diberi tambahan kerupuk merah muda yang terbuat dari tepung tapioka sehingga memperkaya rasa dan tekstur dari soto Padang ini.

4. Ayam Pop

Ayam Pop
Ayam Pop

Buat kalian yang kurang menyukai daging sapi, tak perlu khawatir. Masakan khas Sumatera Barat ada juga yang berbahan utama daging ayam.

Keunikan dari olahan ini adalah daging ayam akan tetap berwarna putih pucat meski sudah digoreng. Warna ayam tidak menjadi coklat seperti ayam goreng pada umumnya karena sebelum digoreng, ayam tersebut sudah diolah dan diberi bumbu.

Ayam itu direbus dengan air kelapa serta diberi bumbu bawang putih. Unik ya? Jika ingin merasakan ayam pop yang asli dan otentik, kalian dapat datang langsung ke daerah Bukittinggi, Sumatera Barat.

5. Kalio

Kalio Baluik sebagai Salah Satu Makanan Khas Minang Terenak (foto: ig @ola.chalayo)
Kalio Baluik sebagai Salah Satu Makanan Khas Minang Terenak (foto: ig @ola.chalayo)

Kalio merupakan sebutan dari rendang setengah jadi, yang masih berwarna kecoklatan dibanding rendang yang pada umumnya berwarna coklat kehitaman.

Makanan khas Sumatera Barat ini memiliki tekstur lengket dan basah dengan aroma karamel yang kuat.

Umumnya kalio dijual sebagai rendang di Rumah Makan Padang di luar Sumatera Barat karena durasi memasak lebih pendek sehingga lebih praktis dan ekonomis untuk disajikan.

Selain itu, rasanya tidak terlalu pedas dan daging yang dimasak juga tak sekeras rendang.

Hampir sama seperti rendang, isian kalio biasanya berupa daging sapi, ayam, limpa, hati sapi atau jengkol. Hati, limpa, jengkol, dan kentang biasanya lebih banyak dimasak menjadi kalio karena sering hancur saat diaduk dan terlalu keras saat sudah menjadi rendang.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: