Kuliner Khas Sumatera Barat

Reza Rizki Saputra ยท Selasa, 02 Agustus 2022 - 15:15:00 WIB
Kuliner Khas Sumatera Barat
Rendang, kuliner khas Sumbar (Istimewa)

9. Dendeng Balado

Kuliner khas Sumatera Barat sepertinya banyak didominasi oleh olahan daging sapi. Selain rendang dan sate padang, kalian juga wajib mencicipi dendeng balado.

Makanan yang terbuat dari daging sapi ini dibuat dalam bentuk irisan tipis, lalu digoreng, dan dilumuri dengan bumbu balado yang kaya akan rempah dan cita rasa kuat.

Kalian akan dengan mudah menjumpai restoran atau tempat makan yang menjual dendeng balado dengan rasa otentik di Kota Padang, Sumatera Barat.

10. Lemang

Pembuatan Lemang
Pembuatan Lemang

Lemang merupakan sajian kudapan klasik khas Sumatera Barat yang masih eksis hingga saat ini. Lemang terbuat dari olahan ketan yang dicampur dengan santan. Ketan tersebut akan dibungkus dengan daun pisang lalu dimasukkan ke dalam bambu untuk selanjutnya dibakar.

Jika kalian ingin mencicipi lamang dari tanah kelahirannya, datanglah ke daerah Tanah Datar, Sumatera Barat. Cuaca yang dingin di Tanah Datar, akan terasa lebih hangat ketika kalian menyantap lemang yang masih hangat.

11. Sala Lauak

Makanan khas Sumatera Barat yang satu ini selalu hadir dalam setiap acara adat yang diselenggarakan di kota Padang khususnya di wilayah pesisirnya.

Terdapat dua jenis sala lauak, yakni lunak dan keras. Perbedaannya ada pada jenis ikan yang digunakan. Kalau sala lauak lunak terbuat dari ikan situhuak, sedangkan sala lauak keras dibuat dari bahan ikan asin.

Saat memakannya, kalian akan merasakan sensasi renyah di luar serta lembut di dalam dan ditambah dengan aroma ikan yang sedap.

12. Bika Talago

Bika Talago (Facebook Anak-Anak Minang)
Bika Talago (Facebook Anak-Anak Minang)

Apabila kalian sedang mengeksplorasi Bukittinggi dan mulai merasakan hawa dinginnya, sudah waktunya kalian menghangatkan tubuh dengan menyantap salah satu kuliner khasnya, yakni bika talago.

Makanan ini akan disajikan hangat-hangat, karena biasanya baru akan dimasak ke dalam tungku pembakaran ketika ada yang membeli. Bika talago memiliki rasa yang gurih dan manis berkat perpaduan antara tepung beras, kelapa parut, serta gula merah dan gula putih.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Follow Berita iNewsSumbar di Google News

Bagikan Artikel: