Mengenal Manatiang Piriang, Keahlian Unik Pramusaji di Rumah Makan Padang

Wahyu Sikumbang ยท Rabu, 23 Juni 2021 - 10:15:00 WIB
Mengenal Manatiang Piriang, Keahlian Unik Pramusaji di Rumah Makan Padang
Pelayan Rumah Makan Padang membawa banyak piring (YouTube: MGDALENAF)

PADANG, iNews.id - Siapa yang tak pernah makan di rumah makan Padang? Jika mengunjungi rumah makan khas Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Anda tidak hanya disajikan makanan dengan cita rasa luar bisa. Namun, ada keahlian pramusajinya yang bisa membawa belasan piring.

Keahlian itu disebut manatiang piriang. Pramusaji di rumah makan Padang wajib bisa membawa piring berisikan lauk pauk dan sayur yang siap mengisi perut kosong pelanggannya. Piring-piring itu dibawa menggunakan dua tangan tanpa nampan atau trolly.

Keterampilan yang harus dimiliki oleh para pelayan rumah makan padang ini dibutuhkan agar dapat dengan cepat dan cekatan melayani tamu.

Tapi tahukah Anda jika butuh dua hingga tiga tahun untuk mempelajari keahlian manatiang piriang. Hal ini dikatakan Edi (38), salah seorang pramusaji di Rumah Makan Simpang Raya sekitar kawasan Taman Jam Gadang Pasar Atas, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Edi butuh waktu tiga tahun untuk bisa mempunyai keahlian manatiang piriang. Saat belajar awalnya hanya mampu membawa lima piring berdiameter sekitar 15 sentimeter, lalu besoknya ditambah beberapa piring lagi, begitu seterusnya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: