Pesisir Selatan Dapat DAK Rp53,9 Miliar untuk Bangun Infrastruktur

Antara ยท Selasa, 14 Juli 2020 - 19:20 WIB
Pesisir Selatan Dapat DAK Rp53,9 Miliar untuk Bangun Infrastruktur
Ilustrasi Infrastruktur (Antara)

PESISIR SELATAN, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp53,9 miliar dari pemerintah pusat. Dana itu untuk membangun berbagai infrastruktur dan sarana produksi untuk kesejahteraan rakyat pada tahun 2020.

"DAK akan digunakan untuk membangun infrastruktur seperti jalan, irigasi, air minum, sanitasi, kelautan dan perikanan, pertanian, transportasi darat, pariwisata serta perumahan rakyat," kata Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, Selasa (14/7/2020).

Hendrajoni menambahkan, pihaknya telah mendorong pejabat perangkat daerah terkait untuk segera menyusun beberapa tahapan agar penyerapan anggarannya bisa disegerakan.

"Saya sudah mewanti-wanti agar pejabat di dinas terkait segera bergerak dengan memanfaatkan sumber daya yang ada," kata dia.

Hendarjoni melanjutkan, dalam situasi seperti saat ini, seluruh daerah membutuhkan dana segar dari pemerintah pusat untuk menggenjot pembangunan.

"Bantuan untuk Pesisir Selatan ini harus dimanfaatkan segera untuk kepentingan rakyat," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pesisir Selatan, Era Sukma Munaf mengatakan, pemerintah pusat juga menggelontorkan anggaran Rp30 miliar. Dana itu bersumber dari Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Dana itu untuk membangun sarana air bersih di Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir. Juga untuk membangunan dan meningkatkan empat unit madrasah, pembangunan dan peningkatan lima unit sekolah serta pembangunan sarana dan prasarana pada 15 unit Pamsimas," kata Era.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto